Andre Nusi; Tidak Kaget Dengan Vonis 1 Tahun 6 Bulan Untuk Nicho

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id. TANGERANG – Vonis yang dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Mahmuriadin terhadap terdakwa, Nicho Yuniansyah alias Nicho (29) penyalah guna dan pemakai narkoba jenis sabu dengan berat 0,40 gram, selama 1 tahun dan 6 bulan, Penasehat Hukum terdakwa dari The Law Office of Andre Nusi and Partners tidak merasa kaget atas putusan tersebut.

Tim Penasehat hukum yang di Ketua Andre Nusi selama persidangan terdakwa Nicho didampingi Muchtar Nusi SH, Sasmita Sihombing SH dan Andreas Tua Sitompul SH., kaget mendengar tuntutan JPU Reza Pahlawan yang mengatakan terdakwa Nicho.

” Terbukti secara syah dan meyakinkan terbukti sesuai pasal 114 ayat ( 1 ) UU No 35 Th 2009 tentang narkotika dan menuntut 5 Tahun dan 6 bulan, denda 800 juta subsidaer 3 bulan,” ujar Andre Nusi , Rabu (8/1) di Pengadilan Negeri Tangerang.

Sesuai surat dakwaan Jaksa Primair melanggar pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) Undang – Undang no 35 Tahun 2009 tentang narkotika Jo Pasal 84 ayat (2) KUHAP. dan Subsidair pasal 112 ayat (1) Undang-Undang no 35 Tahun 2009 Tentang narkotika, dan lebih Subsidaer pasal 127 ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Dalam fakta persidangan, Saksi yang di hadirkan jaksa, M Santosa, anggota polisi yang menangkap terdakwa dihadapan majelis hakim yang diketuai Mahmuriadin dibantu hakim anggota Serly Butar Butar dan Perdinan, mengatakan Nicho bukan pengedar, tapi adalah pemakai dan penyalah guna narkoba.

Menurut Andre Nusi, selama persidangan terungkap fakta fakta dan keterangan saksi saksi yang di hubungkan dengan keterangan terdakwa, dan bukti surat keterangan ahli dan dokter dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur bahwa terdakwa sedang direhabilitasi dan ada Asesesment dari dari BNNP DKI Jakarta.

Terdakwa merupakan korban (Mutual Viktimikation) penyalahgunaan narkotika dan harus di tolong, sesuai dengan pasal 127 ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan barang bukti dibawah 0, 40 gram adalah lebih tepat putusan hakim dalam bentuk Rehabilitasi Medis dengan tujuan menyembuhkan dan memuluhkan kejiwaan terdakwa.

Menurut Andre Nusi, pembelaan dan pendampingan terhadap terdakwa korban penyalah guna narkoba agar hakim bisa menjatuhkan Vonis Rehabilitasi, sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No. 4 Tahun 2010 Jo Surat Edaran Jaksa Agung (SEJA) No. 3 Tahun 2011 tentang Penempatan Penyalahgunaan Pengguna Narkotika di dalam Lembaga Rehabilitasi Sosial.

Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang, Ribert Pelealu ketika dikonfirmasi masalah vonis yang dijatuhkan hakim 1 Tahun dan 6 bulan atas terdakwa Nicho pemakai narkoba dengan tuntutan Jaksa 5 Tahun dan 6 bulan denda Rp 800 juta susidaer 3 bulan, mengatakan belum ada laporan jaksanya.

LIM

Share.

About Author

Leave A Reply