Siti Chaerijah: Diskarpus Siap Restorasi Arsip Keluarga yang Rusak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk memfasilitasi layanan restorasi arsip keluarga yang rusak. Bahkan untuk dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

” Hal tersebut disebabkan bencana banjir selalu meninggalkan dampak yang harus diwaspadai, salah satunya arsip keluarga yang basah bahkan rusak karena terkena air. Untuk itu, kami siap membantu memfasilitasi layanan untuk restorasi arsip tersebut. Yang melakukan restorasi tetap ANRI yang memiliki teknologi,” ujar Siti Chaerijah, Jumat (3/1) di Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Dia meminta kepada masyarakat untuk membawa arsip yang rusak ke Diskarpus Kota Depok. “Silahkan masyarakat membawa arsip yang rusak ke Kantor Diskarpus di Balai Kota Depok. Jangan lupa lampirkan data diri dan kontak telepon yang bisa dihubungi. Selanjutnya arsip tersebut akan kami bawa ke ANRI,” ucap Siti.

Menurutnya, bahwa arsip keluarga yang sudah diantarkan itu akan diperiksa tingkat kerusakannya oleh petugas ANRI. Jika hasil pemeriksaan bisa direstorasi, maka akan lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu merestorasi arsip keluarga yang rusak. Sedangkan, jika hasil pemeriksaan arsip tidak bisa direstorasi maka akan dikembalikan kepada pemilik.

“ Arsip yang sudah selesai direstorasi bisa diambil kembali di Kantor Diskarpus Kota Depok,” tutur Siti.

Siti juga mengingatkan, bahwa masyarakat diharapkan dapat menjaga arsip yang dimiliki. Terlebih jika itu merupakan arsip keluarga yang penting. “Namu, kalau arsip tergolong vital bisa di simpan di tempat aman. Kalau bisa pakai brankas yang aman, itu lebih baik atau disimpan ke lembaga-lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan arsip,” pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply