BPN Serahkan 23 Sertifikat Milik Pemda

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bondowoso menyerahkan 23 sertifikat tanah kepada Pemerintah Daerah. Penyerahan sertifikat itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso Syaifullah, Jumat (3/1).

Kepala BPN Bondowoso, Tasri mengemukakan proses pembuatan sertifikat membutuhkan waktu sekira satu tahun. Dimulai dari pendataan lokasi sampai dengan pengukuruan. Menurutnya, selain menyelesaikan sertifikat milik Pemda, pihak BPN saat ini sedang memproses 17 Desa, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis.

” Dari 17 Desa, jika terdapat tanah aset, kita juga sertifikatkan,” kata Tasri di Kantor BPN.

Diterangkannya, dari semua data yang diterima oleh BPN, dilakukan penetapan lokasi (Penlok) terlebih dahulu. Kemudian, pihak BPN melakukan penyisiran untuk mengukur secara bertahap.

Proses PTSL ditargetkan rampung sejumlah 20.000 lokasi pada tahun 2020 ini. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Daerah ditempat yang sama. 17 Desa yang telah diproses merupakan tahap awal. Kemudian terus dilanjutkan ke semua Desa yang ada di Kabupaten Bondowoso.

“17  Desa itu awal, kita terus bergerak sampai dengan 219 Desa. Kita bekerjasama mengambil langkah kongkrit.  Pihak kami terus mendorong, sedangkan pihak BPN pada teknisnya,” ujar Syaifullah.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply