Kanwil DKI Jakarta Refleksi Kinerja 2019

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta menggelar Refleksi Akhir Tahun 2019 dan Pemusnahan barang bukti (BB) dan juga memberikan Piagam penghargaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBK) Wanita atas karya cipta tarian selama di RUTAN Perempuan, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Dr. Bambang Sumardiono, Bc.Ip, SH M.Si menyerahkan piagam itu di lantai IV, Aula Kanwil DKI Jakarta, Senin (30/12) yang dihadiri Kadiv Pemasyarakatan R. Andika Dwi Prasetya, Bc.ip, S.Pd, Kadiv Keimigrasian Agus Wijaya S.Sos, MM,
Kadiv Administrasi Nuni Suriyani, SH, MH, Ka UPT Lapas Cipinang Hendra, Ka. UPT Rutan Cipinang Oga, dan Ka. UPT Kanwil DKI Jakarta lainnya serta para Kabag Kanwil DKI Jakarta.

Dr. Bambang mengutarakan pengelolaan anggaran sebesar Rp. 524.285.183.000,dengan realiasi sebesar Rp. 518.355.081.915,atau (98,87%) digunakan untuk membiayai sebanyak 29 satuan kerja di lingkungan Kanwil DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan publik. Terselenggaranya pelayanan publik yang cepat, tepat dan mudah sebagai perwujudan tata nilai kami PAST! (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) merupakan prioritas utama yang direpresentasikan oleh Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Korupsi.

Tahun 2019 adalah tahun kerja keras bagi peningkatan dan penguatan layanan publik di lingkungan Kanwil DKI Jakarta diantaranya pada bidang Keimigrasian melalui Sistem lnformasi Antrian Layanan Paspor Permohonan Paspor dan pembentukan Unit Layanan Paspor (ULP) pada pusat-pusat perbelanjaan serta inovasi layanan paspor keliling (Mobil Keliling).

” Melalui kerja keras dan inovasi ini Kanwil DKI Jakarta berhasil memberikan pelayanan atau penyelesaian permohonan paspor sebanyak 590.322 buku paspor yang dilaksanakan oleh 7 Kantor lmigrasi. Kantor lmigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan merupakan Kantor lmigrasi yang paling tinggi memberikan pelayanan, sebaliknya Kantor lmigrasi Tanjung Priok sebagai Kantor Imigrasi yang paling sedikit mengeluarkan paspor. Dari kegiatan Pelayanan paspor, tercatat adanya penolakan permohonan sebanyak 955 Permohonan,” ucap Dr. Bambang.

Selanjutnya dalam pelayanan kepada Warga Negara Asing (WNA) berkaitan dengan kepentingan nasional, lanjut Bambang terselesaikan 6.460 dokumen yang meliputi perpanjangan izin tinggal kunjungan. Pemberian lzin Tinggal Tetap, Pemberian lzin tinggal Terbatas. Dan Jumlah pelayanan Perpanjangan lzin Tinggal Terbatas merupakan jenis pelayanan yang mendominasi yaitu tercatat 2.527 dokumen. Permohonan lzin Tinggal Tetap sebagai permohonan terendah, yaitu 49 dokumen permohonan.

Selanjutnya dalam menjalankan amanat undang-undang keimigrasian guna memastikan keberadaan dan aktivitas orang asing itu menurut Dr. Bambang Sumardiono berkontribusi posisif bagi pembangungan dan kepentingan nasional.

“Selain mengintensifkan tugas fungsi pengawasan keimigrasian juga melibatkan instansi terkait melalui koondinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA). Dari kegiatan ini pada tahun 2019 tercatat 4.680 orang yang melakukan Tindak Pidana Keimigrasian. Dari Jumlah ini sebanyak 4.654 orang yang dilakukan atau dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian dan 26 dilakukan Pro Justicia,” ungkap Kankanwil Jakarta.

Dibidang pemasyarakatan, pelaksanaan sistem pemasyarakatan, jumlah Tahanan/Narapaidana pada tahun 2019 (data per 26 Desember 2019) tercatat 18.160 Tahanan dan Narapidana. Dari data jumlah tahanan/narapidana ini kalau diperinci lagi tercatat Pengguna Narkoba 4.327, Pengedar Narkoba dan atau Bandar Narkoba tercatat 9.169 orang. “Oleh karena itu tak dapat dipungkiri bahwa isi Lapas/Rutan di wilayah DKI Jakarta didominasi Iebih dari 70% kasus narkoba. Permasalahan isi Lapas dan Rutan ini akan semakin kompleks dengan jumlah Tahanan/Narapidana dimaskud jauh melebihi kapasitas yang sesungguhnya yaitu 5.719 orang. Dengan demikian terjadi over kapasitas Iebih dari 214%.

Berkaitan dengan kondisi yang demikian. berbagai upaya persuasif terus dilakukan baik melalui pendekatan pembinaan kepribadian maupun kemandirian guna menciptakan suasana yang aman dan tidak anarkis. Pembinaan kepribadian dilakukan dengan membangun sikap, mental dan kepribadian. sedang pembinaan kemandirian dilakukan dengan pemberian keahlian atau ketrampilan sebagai bekal kelak ketika akan terjun kembali ke masyarakat. Ujung dari kedua pendekatan Pelayanan paspor, tercatat adanya penolakan permohonan sebanyak 955 Permohonan.

Kakanwil DKI Jakarta juga menyampaikan bahwa predikat WBK dan WBBM tahun ini di dapatkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan dan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

Terkait ruang tahanan Setyo Novanto yang disebutkan mewah di Lapas Kelas I Cipinang Jakarta Timur dibantah Kankanwil, Kadiv Pemasyarakatan dan Kalapasa Cipinang Hendra. “Apa yang ditulis rekan wartawan itu tidak benar seperti itu. Saudara Setyo Novanto di Lapas Cipinang hanya titipan Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Jadi, pak Novanto itu tidak berada di Lapas Cipinang. Secara administratif memang menjadi tanggungjawab Lapas Cipinang terhadap pak Novanto selama proses pengobatan. Jadi bukan menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan Cipinang,” tegas Ka. Lapas Cipinang Hendra menjawab pertanyaan www.radaronline.id sekaligus mengklarifikasi sejumlah pemberitaan.

Sementara itu Kadiv Pemasyarakatan Andika menjelaskan terkait proses pengawalan WBP atas nama Setyo Novanto dalam pengobatan dikawal oleh tim pengawalan Lapas Cipinang. “Perkembangan pengobatan pak Novanto kita monitor setiap saat. Kita perintah kan laporan pengawal setiap perkembangan. Kita juga berharap rekan pers dapat melihat langsung ke RSPAD Gatot Soebroto,” imbuh Kadiv Andika.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply