Pradi: Data BPS Angka Kemiskinan di Kota Depok Menurun

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), di tahun 2019 angka kemiskinan di Kota Depok ini turun hingga 2,07 persen. Sebelumnya pada tahun 2018 kita targetkan turun sebanyak 2,18 persen tetapi realisasinya capai 2,14 persen. Begitu pula di tahun ini dari target 2,14 persen tapi berdasarkan data BPS, Depok berada di 2,07 persen.

” Artinya, angka kemiskinan di sejuta maulid ini setiap tahunnya terus mengalami penurunan atau berangsur-angsur turun,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Kamis (26/12), di Balaikota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, bahwa penurunan tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Karena, TKPKD Kota Depok bersama seluruh pihak terkait (stakeholder). Termasuk BPS, organisasi kemasyarakatan serta individu dalam menghentaskan kemiskinan.

“ Untuk itu, selayaknya kita syukuri, jadi sebelumnya pada tahun 2018 kita juga menjadi yang terendah di Jawa Barat bahkan Depok berada di urutan ketiga se-Indonesia,” tutur Pradi.

Dia mengingatkan, bahwa tantangan ke depannya akan semakin besar. Sebab, semakin kecil angka kemiskinan akan menimbulkan permasalahan kompleks dalam penghentasan kemiskinan.

“Oleh karena itu kita melakukan rapat hari ini untuk mendengarkan arahan dari pemerintah pusat. Khususnya tentang intervensi apa saja yang bisa kita lakukan agar angka kemiskinan di Kota Depok semakin rendah,” imbuh Pradi.

Pradi menambahkan, bahwa pihaknya juga akan terus memutakhirkan data kemiskinan di Kota Depok agar upaya yang dilakukan nanti dapat tepat sasaran. Misalnya, dengan menggunakan data yang valid berdasarkan nama dan alamat.

“Selain itu, koordinasi antara Perangkat Daerah (PD) juga harus diperkuat dengan kerja keras dan kerja cerdas kita. Sembari kita mendorong agar pemerintah pusat dapat membangunkan gedung kreatif center di sini sebagai wadah kreativitas dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Depok khususnya,” pungkas orang nomor dua di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply