Wakil Walikota Depok Berburu Ular Kobra

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Teror ular kobra semakin mencemaskan warga Kota Depok khususnya. Untuk itu warga dihimbau harus aktif membersihkan lingkungan.

” Benar, jadi saya kasih semangat kepada warga untuk bersama-bersama membersihkan lingkungan masing-masing. Seperti, ketika mengikuti kegiatan kerja bahkti bersama warga RW5, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jumat (20/12) lalu,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supritana, Minggu (22/12), di kediamannya.

Menurutnya, bahwa dalam kerja bahkti bersama warga tersebut juga dilakukan aksi bersih-bersih rumah warga dari tumpukan barang-barang bekas dan membersihkan saluran dari tumpukan sampah.

“Artinya, kenapa itu dilakukan untuk mencegah ular kobra bersarang serta juga mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti, penyebab penyakit demam berdarah yang sangat rawan di musim penghujan,” tutur Pradi.

Dia juga menjelaskan, bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sudah menyiapkan SABU dibeberapa rumah sakit dan Puskesmas. Di gudang Farmasi Depok tersedia 30 vial serum dan RSUD Kota Depok 20 vial. Kemudian di 35 Puskesmas di Kota Depok, 33 diantaranya sudah tersedia SABU.

“Selanjutnya, untuk rumah sakit non pemerintah juga telah disediakan SABU yakni diantaranya, di Hasanah Grafa Afiah (satu vial), Melia (dua vial), Tugu (satu vial), Sentra Medika (lima vial), Mitra Keluarga (tiga vial), Bhakti Yudha (dua vial), RSUI (enam vial), lalu Citra Arafiq (empat vial). Jadi, ini semua untuk segera mengantisipasi pengobatan korban gigitan ular berbisa jangan sampai ada korban jiwa,” jelas Pradi.

Pradi mengimbau kepada seluruh warga untuk mulai peduli dengan kebersihan lingkungan. Aparatur di kelurahan dan kecamatan juga saya minta aktif memperhatikan wilayahnya. Sebab, berdasarkan catatan sementara, di Kota Depok sudah tujuh orang menjadi korban gigitan ular kobra. Dua korban diantaranya berusia anak-anak.

“Alhamdulillah semua korban berhasil diselamatkan, tidak ada korban jiwa. Ya, kami memang sudah siaga dengan menyiapkan Serum Anti Bisa Ular (SABU),” imbuh orang nomor dua di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply