Masa Kontrak Habis, Proyek Hutan Kota Jombang Terancam Mangkrak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, TANGERANG – Proyek Hutan Kota Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2019 terancam mangkrak atau tidak tuntas dikerjakan. Pasalnya, masa kontrak telah habis dan diperpanjang, namun pekerjaan masih banyak yang belum terlaksana.

Berdasarkan plang proyek yang terpampang di lokasi, diketahui bahwa proyek berjudul “Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang – Kali Cibenda Hilir” itu adalah 129 hari kalender. Jika penandatanganan kontrak dilakukan pada tanggal 26 Juli (hari pertama jadwal penandatanganan kontrak pada jadwal tender), maka kontrak telah berakhir 2 Desember 2019 lalu. Artinya, masa kontrak telah diperpanjang selama 17 hari terhitung sejak tanggal 3 Desember 2019.

Akan tetapi, jika penandatanganan kontrak dilakukan pada tanggal 08 Agustus (hari terakhir penandatanganan kontrak sesuai jadwal tender), maka kontrak juga telah berakhir 4 hari lalu atau 15 Desember dan telah diperpanjang sejak 4 hari lalu.

Dengan masih adanya kegiatan di lapangan, sebagaimana terpantau, Kamis (19/12), maka dipastikan bahwa telah ada perpanjangan masa pelaksanaan. Tetapi, belum diketahui apakah perpanjangan masa pelaksanaan tersebut berupa adendum kontrak berupa pemberian kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan, atau perpanjangan kontrak dengan sanksi denda keterlambatan 1 per mil/hari.

Pantauan radaronline.id atas kondisi terakhir proyek yang dilaksanakan oleh PT. Karya Tunas Mandiri Persada dengan kontrak Rp 19.807.000.000,- menunjukkan bahwa di setiap Segmen masih banyak pekerjaan yang masih harus dibereskan. Diprediksi seluruh pekerjaan tidak akan dapat diselesaikan hingga tahun 2019 berlalu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel, Rosi Yuliandi hingga saat ini belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi. Rosi dikatakan sangat sibuk hari-hari terakhir ini.

“Sudah keluar. Abang telat datang. Beliau memang sangat sibuk akhir-akhir ini,” kata petugas front office DPU Tangsel, Kamis (19/12).

JUARA SIMANJUNTAK

Share.

About Author

Leave A Reply