Kapolsek Cengkareng Imbau Orangtua Awasi Anak dari Kejahatan Siber

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Untuk menjalin silahturahmi dan Kedekatan dengan warga, Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Kompol H Khoiri menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di Majelis Taklim Al Ikhlas Pimpinan Ustazah Suhana yang bertempat di Jalan Pondok Randu RW 02 Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat, Selasa (17/12/19).

Tak Lupa Kapolsek Cengkareng nemberikan pesan – pesan dan himbauan Kamtibmas kepada para Jama’ah antaranya para orangtua juga harus menjadi tameng sebagai perlindungan pertama dari kekerasan yang berasal dari luar, hingga menjadi guru untuk mengedukasi akan berbagai hal yang belum sang anak mengerti.

“Orang tua merupakan rumah bagi sang anak, sebelum memberikan pemahaman kepada sang anak, orang tua terlebih dahulu yang harus dipahamin bagaimana pola asuh anak yang baik dan benar, sebagai guru / sahabat pertama bagi sang anak, orang tua lah yang akan mengajarkan berbagai pengetahuan – pengetahuan dasar. Dalam Proses, seringkali orang tua mungkin kurang sabar, atau bahkan mendidik dengan cara yang salah yakni dengan kekerasan. Ajaran orang tua tersebut merupakan dasar bagi pembentukkan karakter si anak yang nantinya terbawa hingga dewasa,” terang H. Khoiri.

Ia menambahkan, tak hanya harus paham dengan cara mendidik di era yang serba digital ini, Orang tua pun semestinya turut mengawasi anak – anaknya dalam penggunaan gadget. Bukan hal yang aneh kalau anak kecil zaman sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Maka dari itu, orang tua pun juga harus turun tangan untuk mengawasi, jangan sampai anak menjadi korban kejahatan Siber yang kini sedang marak di tanah air.

“Ketika anak sudah mengerti akan dunia luar, ada baiknya para orangtua mulai menjelaskan dan memberi pemahaman tentang fungsi tubuh, serta bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh orang lain, dengan memberikan pemahaman sedini pada sang anak,” tambahnya.

Jangan mudah terpengaruh dengan berita bohong / Hoax yang tidak jelas asal usulnya dan jangan sembarangan mengupload/share ke media sosial apabila mendapat gambar, video, atau berita-berita Hoax yang sifatnya propokatatip dan memecah belah persatuan dan kesatuan

“Dihimbau agar lebih waspada Untuk mengawasi anak – anak agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, narkoba serta masuknya faham Radikalisme dan Terorisme. Antisipasi tauran, jangan sampai anak kita menjadi korban atau pelaku tauran,” tandasnya.

YEN

Share.

About Author

Leave A Reply