Sidik: SPBE Untuk Kinerja Pemerintahan dan Pelayanan Publik

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menerangkan bahwa untuk mendorong pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) demi kinerja pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik di Kota Depok khususnya.

” Maka, pihaknya menggelar Sosialisasi Rencana Induk Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kota Depok tahun 2019-2023,” ujar Sidik, kepada pewarta, di Balaikota.

Dia menjelaskan, bahwa berkaitan dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, Pemkot Depok akan membentuk tim koordinasi, menyusun arsitektur SPBE, serta melakukan penyerderhanaan proses bisnis yang terintegrasi demi terpadunya pelaksanaan SPBE.

“Untuk itu, kami membuat rencana ke depan untuk mengembangkan SPBE agar jangan fokus pada aplikasi saja. Kita runut kembali dengan perangkat daerah apa saja kebutuhan yang mendesak sehingga perangkat daerah tidak ego sentral membangun aplikasi sendiri,” jelas Sidik.

Sidik menambahkan, bahwa guna sosialisasi ini untuk mencegah adanya duplikasi inisiatif dan anggaran dalam pelaksaan SPBE. SPBE yang nantinya akan mengadopsi prinsip mandiri, terintegrasi dan terstandarisasi guna mendukung tata kelola pemerintahan yang cerdas.

“Artinya, dengan rencana induk SPBE ini selaras dengan strategis dan prioritas pembangunan di Kota Depok. Harapan kami dengan perencanaan yang baik implementasi SPBE dapat terealisasi sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, khususnya di Kota Depok ini,” pungkasnya.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply