Berdayakan Perempuan Dengan Hasil Ternak

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Disperta) Bondowoso mengumpulkan 13 kelompok Wanita tani peternakan. Kegiatan itu dalam rangka memberikan pelatihan, Selasa (26/11).

Sekretaris Disperta Bondowoso, Hendri Widotono menyampaikan program yang diberikan oleh Disperta kepada kelompok Wanita, merupakan konsep hulu ke hilir. Intinya, setelah memberikan bantuan berupa kandang dan fasilitas lainnya kepada kelompok ternak, Disperta mulai membenahi bagian hilir. Yaitu, memberikan pelatihan kepada kelompok Wanita agar mampu membuat produk dari hasil ternak kelompok.

“Ibu-ibu ini diberikan keterampilan. Untuk dapat membuat olahan dari hasil ternak. Seperti susu, abon, pentol bakso maupun produk lainnya,” kata Hendri seusai membuka pelatihan di aula Disperta Bondowoso.

Semua kelompok yang hadir untuk mengikuti pelatihan diberikan bantuan, lanjut Hendri. Seperti kompor, blander dan peralatan lainnya. Keseluruhan peserta yang hadir pada acara itu sekira 39 orang, dari 13 kelompok yang hadir. Diharapkan, para kelompok itu dapat membuat produk baru, setelah mengikuti pelatihan.

“Kita berharap, para kelompok ini bisa bersaing untuk membuat produk baru, menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Peternakan Murjana mengatakan, langkah yang dilakukan berawal dari keprihatinan Disperta terhadap hasil ternak kelompok yang tidak dikelola secara maksimal. Hal itu dipicu ketidak pahaman kelompok untuk mengelola hasil ternak.

“Tanpa ada diklat seperti ini, mereka kurang paham untuk mengelola. Nah, program ini untuk memberikan pengetahuan kepada mereka, bagaimana mengelola turunan ternak yang dihasilkan,” ujarnya.

Dijelaskan Murjana, diklat yang diselenggarakan oleh Disperta menggandeng sumber yang kompeten. Salah satunya Guru dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN). Selanjutnya, Disperta berencana bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dalam hal pembinaan kepada kelompok.

SHODIQ

Share.

About Author

Leave A Reply