Idris Ajak Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Terkai terjadinya puluhan pelajar di SMP Negeri 20 Depok yang terindikasih Hepatitis A. Maka sedini mungkin Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus diterapkan dalam keseharianya oleh masyarakat Kota Depok khususnya.

” Jadi, sebelumnyapun sudah kami sosialisasikan terkait praktiknya yang masih terus kami dorong kepada masyarakat maupun lingkungan sekolah. Artinta, dengan PHBS dapat menjaga kesehatan dan meminimalisir terjadinya penyakit. Seperti membudayakan cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Jumat (22/11), di Balikota Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mempelajari faktor penyebabnya, sehingga ke depan dapat mencegah terjadinya kasus serupa. Selama ini, berbagai upaya pencegahan (preventif) sudah dilakukan Pemkot Depok, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi penyakit Hepatitis A kepada masyarakat.

“Jadi, standar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memang belum sampai kepada Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena masih terlokalisasi di Depok. Mudah-mudahan tidak menyebar ke daerah lain khususnya wilayah tetangga,” jelas Idris.

Dia juga mengakui, bahwa dari kasus Hepatitis A ini, sebanyak tiga orang dirawat di rumah sakit, sisanya melakukan rawat jalan. “Jadi, pihaknya juga sudah melakukan upaya penyembuhan (kuratif) seperti melakukan terapi bagi orang yang sudah positif terkena Hepatitis A,” ucap Idris.

Idris menambahkan, bahwa atas nama pribadi dan Pemerintah mengucapkan berterima kasih kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang sudah menurunkan tim untuk melakukan observasi.

“Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menekan penyakit Hepatitis A. Bahkan juga, sudah berkolaborasi dan melaporkan kejadian ini pada Kemenkes RI. Insya Allah, mereka akan menurunkan timnya untuk melakukan observasi,” pungkas orang nomor satu di Kota Depok itu.

MAULANA SAID

Share.

About Author

Leave A Reply