Kejari Jakarta Utara Sinergi PT. Pos Pembayaran Tilang

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara jalin sinergi Lewat pelayanan Q9 PT Pos Indonesia untuk memberikan solusi kepada masyarakat pelanggar lalu lintas (lalin), kemudahan dalam mengurus dan membayar denda bukti pelanggaran lalu lintas (denda tilang) tanpa harus datang ke Kantor Kejaksaan, mengantri untuk melakukan pembayaran serta pengambilan dokumen bukti pelanggaran lalu lintas (SIM, STNK).

Pelanggar lalin cukup dengan mendatangi Loket Kantor Pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan dokumen bukti pelanggaran (SIM, atau STNK) akan dikirim oleh pihak Kantor Pos ke alamat Pelanggar lalu lintas menggunakan Layanan Q9 dengan penyampaian tidak lebih dari sehari.

Menurut Kepala Regional 4 Jakarta PT Pos Indonesia, Onni Hadiono, kerjasama PT Pos Indonesia dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara tersebut merupakan wujud kepedulian kedua institusi, melihat kebutuhan masyarakat yang terkena razia sebagai pelaku pelanggaran lalu lintas di wilayah Jakarta Utara yang menghadapi kesulitan dalam berbagi waktu untuk menyelesaikan pembayaran denda tilang dan pengambilan SIM atau STNK yang dijadikan bukti pelanggaran berlalu lintas.

“Kita melihat masyarakat pelanggar lalu lintas harus meluangkan waktu pada jam produktif mereka untuk mengurus pembayaran denda dan pengambilan bukti pelanggaran lalu lintas. Biasanya mereka mendatangi Kejaksaan Negeri untuk membayar denda tilang dan mengambil bukti tilang. Mereka harus minta ijin, minimal beberapa jam atau seharian dari perusahaan atau kantor tempat dia bekerja. Itu belum lagi, kalau pelanggaran lalu lintas terjadi di luar kota domisili pelanggar lalu lintas, betapa repotnya untuk mengurus pembayaran denda dan pengambilan bukti tilang. Kasihan kan masyarakat, makanya kami tergerak untuk membantu kesulitan masyarakat dengan cara bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dengan memanfaatkan Layanan di Kantor Pos” kata Onni Hadiono dalam siaran persnya yang diterima, Kamis (21/11).

Onni Hadiono menjelaskan mekanisme pembayaran denda dan pengambilan bukti tilang yang diterapkan di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, sambung Onni Hadiono, Kantor Pos Jakarta Utara yang dikepalai Bosmen Sinaga menyediakan Mobil Layanan Pos atau menyediakan Loket Layanan Pos di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, untuk pembayaran denda tilang sekaligus pengantaran dokumen bukti tilang melalui Layanan Q9.

Selanjutnya, pembayaran denda dan layanan pengantaran dokumen bukti tilang tidak hanya bisa dilakukan di Mobil Layanan Pos yang ada di kantor Kejaksaan Negeri, tetapi dapat dilakukan di semua Loket Kantor Pos yang ada di seluruh Jabodetabek.

“Tahun 2020 pembayaran denda pelanggaran lalu lintas dan permintaan pengantaran bukti tilang dapat dilakukan dari rumah atau di kantor/ tempat kerja, cukup dengan mengakses Aplikasi Pos Giro Mobile (PGM) dari Hand Phone atau Website Kejaksaan Negeri,” pungkas Onni Hadiono.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply