Kakanwil DKI Jakarta Dr. Bambang Sumardiono Resmikan Kelurahan Sadar Hukum

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) DKI Jakarta Dr. Bambang Sumardiono, M.Si resmikan Kelurahan Sadar Hukum (Kadarkum) dan Pemberian Penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan tahun 2019, di Aula Balai Agung Gedung Balaikota Provinsi DKI Jakarta, Selasa (12/11).

Dr. Bambang Sumardiono dalam sambutannya menyatakan bahwa jumlah 168 Kelurahan Sadarkum telah diresmikan sejak tahun 2010, ditambah 31 kelurahan yang akan diresmikan maka sudah 199 kelurahan yang telah memperoleh predikat Kelurahan Sadar Hukum.

“Kelurahan Warakas, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai juara kelompok Kadarkum DKI Jakarta, maka Warakaslah yang akan mewakili DKI Jakarta dalam Lomba Kelompok Kadarkum tingkat nasional,” ujar Dr. Bambang Sumardiono.

Sementara itu Kepala Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta, Yayan Rohana yang mewakili Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan Anubhawa Sasana bagi kelurahan dan kecamatan di DKI Jakarta. Dia berharap dengan adanya penghargaan itu tentunya akan memacu kelurahan dan kecamatan untuk semakin lebih baik lagi.

Kegiatan Peresmian Kelurahan Kadarkum ini selalu diselenggarakan Kementerian Hukum dan Ham setiap tahun setelah dilakukan seleksi melalui beberapa kriteria dan persyaratan yang ketat, kata Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Prof Benny Rianto yang mewakili Menteri Hukum dan HAM melakukan pengalungan medali penghargaan kepada peserta.

Prof. Benny Rianto menjelaskan kriteria untuk mencapai predikat Sadar Hukum itu antara lain adalah kewajiban dari para penduduknya dalam membayar PBB mencapai 90%, tidak adanya pernikahan dibawah umur, rendahnya angka kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba serta tingginya kesadaran terhadap pengelolaan lingkungan.

Selain peresmian Kadarkum, pada kegiatan itu diberikan pula piagam penghargaan kepada 5 walikota di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan peresmian dengan penandatanganan prasasti kelurahan sadar hukum.

Prof. Benny Rianto menyampaikan rasa bangganya kepada lurah dan camat yang telah berhasil melakukan pembinaan di daerahnya dan berhasil meraih penghargaan.

“Tidak mudah untuk mencapai predikat Sadar Hukum karena harus melalui berbagai persyaratan dan kriteria yang ketat. Namun yang tersulit adalah mempertahankan predikat tersebut karena akan dievaluasi setiap tahunnya. Saya berharap keberhasilan ini tidak hanya dilaksanakan saat mengikuti lomba kadarkum, tetapi juga terus dipertahankan di waktu-waktu mendatang”, pungkas Sang Profesor menutup sambutan.

THOMSON

Share.

About Author

Leave A Reply