Makna Sumpah Pemuda di Mata Guru Sejarah Smansa Makassar

Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, MAKASSAR – Sumpah pemuda adalah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.

Ikrar sumpah pemuda tersebut yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober ini membakar semangat rakyat Indonesia khususnya para pemuda pemudi Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda ini pun dimaknai Adik Ipar Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, sebagai peristiwa bangsa Indonesia untuk merekatkan tali persaudaraan melalui bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia.

Ditemui di tempatnya mengabdi, selaku Guru di jalan Gunung Bawakaraeng Kota Makassar, Senin (28/10), Drs. Irwan Parawansa mengatakan, Sumpah Pemuda merupakan sebuah peristiwa yang memiliki dampak luar biasa bagi bangsa Indonesia. Dia menegaskan, bahwa kesepakatan tentang satu bahasa persatuan itu bukanlah satu bahasa, tapi satu bahasa persatuan

“Pemuda adalah harapan bangsa. Semangat Sumpah Pemuda harus terus kita kibarkan disemua kalangan generasi muda, “ujarnya berapi-api.

Sumpah pemuda yang beberapa tahun lalu diikrarkan kini harus kita peluk kembali untuk diambil makna-maknanya agar kita menjadi bangsa yang besar dan berdaulat dari bangsa lain.

“”Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan,”tutup Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Makassar ini, mengutip kutipan dari mantan Presiden Amerika Serikat ke 32, Franklin Delano Roosevelt.

BACHTIAR BARISALLANG

Share.

About Author

Leave A Reply