Lions Club Distrik 307 B1 Sukes Selenggarakan Peace Poster Contest 2019 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Julia Hadiprawira, Ketua Panitia PPC 2019, Sari Pitaloka, Gubernur Distrik 307-B1, Fanny Susilo, Ketua Komite PPC 2019 saat diwawancarai awak media pada acara Peace Poster Contest 2019, di Lippo Mall Puri, Jakarta (19/10).

RadarOnline.id, JAKARTA – Lions Club International melalui  Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307- B1 untuk yang kesekian kalinya secara konsisten ingin menyuarakan ‘Perdamaian Dunia’ dengan kembali menyelenggarakan Peace Poster Contest 2019 atau lomba menggambar untuk anak-anak usia 11 -13 tahun dengan mengangkat tema  ‘Journey of Peace’ di Lippo Mall Puri Jakarta Barat, Sabtu (19/10).

Peace Poster Contest merupakan perlombaan menggambar yang diikuti oleh anak-anak usia 11 – 13 tahun di seluruh dunia bertaraf internasional dan telah berlangsung sejak 1988 dimana lebih dari 350 juta anak dari 140 negara telah berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Poster yang menjadi pemenang nantinya diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat internasional di New York, Amerika Serikat. Pemenang bersama orang tua akan diundang secara khusus dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pemenangnya akan mendapat hadiah USD 5.000 dan karya pemenang akan diabadikan dalam bentuk perangko resmi yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Sari Pitaloka, Gubernur Distrik Perkumpulan Lions Indonesia 307 – B1 dalam keterangannya mengatakan “Tujuan diselenggrakannya diadakan Peace Poster Contest (PPC) 2019 ini sebetulnya untuk mengenalkan dan mensosialisasikan konsep perdamaian kepada anak-anak agar supaya pada umur 11-13 tahun mulai memahami betapa pentingnya perdamaian bagi mereka dan bagi dunia”.

“Lomba ini di Indonesia sendiri sudah lebih dari 30 tahun. Jadi kami selalu mengadakan lomba ini setiap tahun,” kata Sari Pitaloka.

Terkait tema ‘Journey Of Peace’  yang diusung pada Peace Poster Contest 2019 ini Sari Pitaloka menjelaskan bahwa tema yang diusung mempunyai makna yaitu ‘Perjalanan Menuju Perdamaian’. Setiap tahun menurut Sari temanya pasti ada kata Peace nya tapi selalu berbeda-beda. Peace Poster Contest 2019 kali ini diikuti oleh sekitar 458 peserta dari 117 sekolah di Jabodetabek.

Penilaian yang dipakai pada Peace Poster Contest 2019 ini menurut Sari Pitaloka dilihat dari yang pertama Originalitas, kedua Estetika atau keindahan , dan yang Ketiga Ekspresi bagaimana ekspresi perdamaian itu tergambar atau tidak didalam poster yang mereka buat.

Fanny Susilo selaku Ketua Komite PPC 2019 mengatakan bahwa peserta yang ikut pada PPC 2019 ini adalah perkumpulan Lions Club 307 B1 dimana seluruh Club itu berjumlah 77 Club, saat ini diikuti sekitar 458 anak. Jadi ada kenaikan peserta dari tahun yang lalu.

“Peace Poster Contest ini untuk mengedukasi atau memberi pelajaran bagi anak-anak supaya mempunyai pemikiran bahwa ada perdamaian diantara berbagai suku bangsa. Jadi kita menginkan anak yang berusia 11-13 tahun sudah mengetahui arti perdamaian dalam bentuk gambar atau melukis sehingga dia mempunyai imajinasi dari berbagai suku bangsa, berbagai negara, berbagai bahasa itu memberikan perdamaian diantara sesama”, kata Fanny Susilo saat di wawancarai radaronline.id di acara Peace Poster Contest 2019.

Fanny Susilo juga mengatakan bahwa perlu ada edukasi-udukasi yang lain bukan hanya dari tema gambar saja mungkin dengan tata budaya, kesenian dan sebagainya untuk menumbuhkan rasa persatuan dan semangat nasionalisme anak-anak Indonesia.

Julia Hadiprawira, selaku Ketua Panitia PPC 2019 kali ini mengatakan bahwa berkat kerja keras seluruh panitia dan dibantu oleh Ketua Komite PPC 2019, Lions Fanny dan dibantu oleh banyak sponsor dan dinatur dan peserta yang ikut pada PPP 2019 juga cukup banyak menurutnya acara kali ini berjalan cukup baik.

“Untuk pemenangnya kita akan memberikan award sertifikat untuk 73 anak hari ini, itu yang akan menjadi finalis untuk diacara perlombabaan ditingkat distrik, lalu 25 besar mendapatkan medali, dan 3 juara, juara ini mendapatkan piala dan uang senilai Rp. 1 juta untuk juara 1, Rp. 750 ribu untuk juara ke 2, Rp.500 ribu untuk juara ke 3. untuk juara Jabodetabek. Ke 73 gambar poster ini nantinya akan dikirim ke Multi Distrik. Dari Multi disitrik seluruh Indonesia ini nanti akan dikirim dikirim lagi ke Internasional. Kalau bisa menang di ajang Internasional itu akan mendapatkan tiket ke New York City untuk menerima award nya berikut dua anggota keluarga dapat tiket juga, berikut president clubnya yang mensponsori mendapat 4 tiket plus USD 5.000.

EDISON MUNTHE

Share.

About Author

Leave A Reply